Rohmawati, Indah. 2012. “Pengaruh Perhatian Orang Tua
dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester II
SMP Muhammadiyah 1 Gamping Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad
Dahlan.
ABSTRAK
Banyak siswa
kurang tertarik dalam belajar matematika dan mendapatkan nilai matematika yang
rendah, hal ini diduga disebabkan kurangnya minat belajar siswa dan dipicu oleh
kurangnya perhatian orang tua terhadap belajar anak. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif dan signifikan perhatian
orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII
semester II SMP Muhammadiyah 1 Gamping kabupaten Sleman tahun pelajaran
2011/2012.
Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP Muhammadiyah 1
Gamping Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2011/2012, yang terbagi menjadi 4
kelas berjumlah 107 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas VII C sebagai
kelas uji coba instrumen dan kelas VII A sebagai kelas sampel. Tekhnik
pengumpulan data digunakan metode angket untuk mengetahui perhatian orang tua
dan minat belajar, serta metode dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar matematika
siswa. Analisis data yang dilakukan adalah deskripsi data, uji prasyarat
analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji independen dan uji linearitas.
Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis
regresi linear ganda.
Hasil penelitian pada
siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gamping kabupaten Sleman tahun pelajaran
2011/2012 menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan perhatian
orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien korelasi
sebesar 0,433 dan persamaan regresi linear sederhana
=
serta
pada taraf signifikan 5 % dengan sumbangan relatif sebesar
14,859%, dan sumbangan efektif sebesar 5,620%. (2) ada pengaruh positif dan
signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan
koefisien korelasi sebesar 0,606 dan persamaan regresi linear sederhana
=
serta
pada taraf
signifikan 5 % dengan sumbangan relatif sebesar 85,141%, dan sumbangan efektif
sebesar 32,202%. (3) ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua
dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien
korelasi sebesar 0,615 dan persamaan regresi linear ganda
. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, perlu adanya
peningkatan perhatian orang tua dan minat belajar untuk meningkatkan hasil
belajar matematika siswa.
Kata kunci: perhatian orang tua, minat belajar, hasil
belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar