Selasa, 17 Mei 2016

Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa



Rohmawati, Indah. 2012. “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 1 Gamping Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

ABSTRAK
Banyak siswa kurang tertarik dalam belajar matematika dan mendapatkan nilai matematika yang rendah, hal ini diduga disebabkan kurangnya minat belajar siswa dan dipicu oleh kurangnya perhatian orang tua terhadap belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII semester II SMP Muhammadiyah 1 Gamping kabupaten Sleman tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP Muhammadiyah 1 Gamping Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2011/2012, yang terbagi menjadi 4 kelas berjumlah 107 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas VII C sebagai kelas uji coba instrumen dan kelas VII A sebagai kelas sampel. Tekhnik pengumpulan data digunakan metode angket untuk mengetahui perhatian orang tua dan minat belajar, serta metode dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Analisis data yang dilakukan adalah deskripsi data, uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji independen dan uji linearitas. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linear ganda.
Hasil penelitian pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gamping kabupaten Sleman tahun pelajaran 2011/2012 menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,433 dan persamaan regresi linear sederhana =  serta pada taraf signifikan 5 % dengan sumbangan relatif sebesar 14,859%, dan sumbangan efektif sebesar 5,620%. (2) ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,606 dan persamaan regresi linear sederhana =  serta  pada taraf signifikan 5 % dengan sumbangan relatif sebesar 85,141%, dan sumbangan efektif sebesar 32,202%. (3) ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,615 dan persamaan regresi linear ganda . Berdasarkan hasil penelitian tersebut, perlu adanya peningkatan perhatian orang tua dan minat belajar untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.



Kata kunci: perhatian orang tua, minat belajar, hasil belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar